Trik Seputar Instalasi dan Konfigurasi Joomla - cerita Menarik

cerita Menarik

Menampilkan Cerita yang menarik

test banner

Post Top Ad

Responsive Ads Here

7.16.2009

Trik Seputar Instalasi dan Konfigurasi Joomla

Instalasi Joomla memang sedikit berbeda dengan instalasi kebanyakan aplikasi atau software yang lain. Instalasi Joomla dilakukan di dalam jendela browser dan untuk dapat meng¬instal Joomla pun, harus berintegrasi dengan aplikasi pendu¬kung lain, seperti PHP, MySQL dan Apache. Untuk itu, berikut diberikan trik-trik seputar instalasi dan konfigurasi Joomla di server lokal maupun di web server atau online server.

Menginstal XAMPP di Lokal Server Untuk menginstal Joomla di lokal server, Anda memerlukan software PHP, MySQL, dan Apache dalam PC Anda. Jika Anda menggunakan Windows, Anda dapat menggunakan aplikasi XAMPP yang menyediakan ketiga software tersebut sekaligus. Oleh karena itu, Anda terlebih dahulu harus menginstal XAMPP ke dalam PC Anda. Berikut langkah langkah mulai dari download hingga instalasi XAMPP dan Joomla::
  1. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah men¬download XAMPP. Link untuk men-download-nva adalah http://www.apachefriends.org/en/xampp.html.

  2. Selanjutnya pilihlah file XAMPP yang sesuai dengan sistem operasi PC Anda.

  3. Proses download file XAMPP mulai berlangsung, tunggulah beberapa saat hingga proses tersebut usai dan file tersimpan dalam PC Anda.

  4. Berikutnya, bukalah folder penyimpanan file XAMPP yang telah Anda download, kemudian klik ganda file tersebut untuk menginstalnya ke dalam PC Anda

  5. Proses terbukanya file XAMPP akan diawali dengan munculnya kotak dialog Installer Language. Pilihlah jenis bahasa yang Anda inginkan, misalnya English

  6. Setelah Anda menekan tombol OK akan muncul halaman XAMPP dengan jendela wizard XAMPP 1.6.6a win32 (Basic Package). Klik tombol Next untuk melanjutkan.

  7. Di halaman Choose Install Location, tentukanlah lokasi penyimpanan hasil instalasi dari file XAMPP ini, lalu tekan tombol Next

  8. Berikutnya, Anda berada di halaman XAMPP Options. Aktiflcan seluruh opsi di bagian Service Section, kemudian klik tombol Install.

  9. Proses instalasi mulai berlangsung. Jika instalasi telah - selesai, akan muncul jendela command prompt yang menampilkan kode script PHP. Tunggulah hingga proses tersebut usai yang ditandai dengan menghilang¬nya jendela command prompt

  10. Di halaman berikutnya, tekanlah tombol Finish.

  11. Anda dihadapkan kembali Pada Jendela command prompt yang mengonfirmasikan bahwa layanan Apache ' telah berhasil diinstal. Tunggulah hingga jendela tersebut menghilang dengan sendirinya.

  12. setelah itu muncul kotak dialog XAMPP 1.6.6a win32 (Basic Package) yang menyatakan bahwa proses instalasi telah selesai. Tekanlah tombol Yes.

  13. Selanjutnya, Anda akan melihat tampilan kotak dialog yang sama yang memberitahukan bahwa proses instalasi telah berhasil. Klik tombol OK apabila Anda ingin rnembuka jendela XAMPP Control Panel.

  14. Jendela XAMPP Control Panel akan ditampilkan. lsinya adalah status Apache dan MySql dalam kondisi timing.

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here