Melindungi Flashdisk Dari Virus Dengan Dummy File - cerita Menarik

cerita Menarik

Menampilkan Cerita yang menarik

test banner

Post Top Ad

Responsive Ads Here

5.30.2009

Melindungi Flashdisk Dari Virus Dengan Dummy File


Flasdisk menjadi salah satu media penyebar virus terbesar saat ini setelah menggantikan disket pada jamannya beberapa tahun yang lalu. Kemudahan flashdisk yang kecil dan bisa berpindah-pindah dari 1 komputer ke komputer lain menjadi penyebab media ini sebagai jalan suatu virus untuk menjangkiti komputer.
Pada dasarnya flashdisk merupakan media pasif, sehingga program apapun yang di install di dalam flashdisk tidak akan bisa berjalan sendiri tanpa adanya sistem operasi. Jadi, walaupun di dalam flashdisk sudah terinstall anti virus sekalipun, dia tidak akan bisa melindungi dirinya sendiri.
Yang saya maksud Dumy File disini adalah file buatan sendiri yang isinya terserah anda, tetapi yang terpenting adalah ukuran Dummy File sama dengan ukuran sisa space flashdisk yang tersisa. Dengan begitu, flashdisk akan terisi penuh oleh Dummy File tersebut sehingga tidak ada space kosong di flashdisk anda, dengan begitu secara otomatis flashdisk tidak dapat ditambah atau ditulisi data termasuk memodifikasi file terutama file virus yang tidak anda inginkan. Dengan cara ini, flashdisk anda sedikit aman, karena virus tidak bisa menduplikasi diri ke dapam flashdisk anda. Kemudian, jika anda hendak menambah file ke dalam flash disk anda, anda tinggal menghapus Fummy File yang ada pada flashdisk anda.

Membuat Dummy File Dengan DOS atau Command Prompt
Pada sistem operasi Windows, anda bisa menggunakan tool kecil yang bernama FSUtil. FSUtil memiliki banyak fungsi yang diantaranya adalah FSUtil bisa membuat file baru dengan ukuran sesuai keinginan anda. Untuk membuat file seukuran sisa space flashdisk anda, ikuti cara berikut ini:
Terlebih dulu, anda harus mengetahui sisa space pada flashdisk anda. Untuk mengetahuinya, klik kanan pada drive flashdisk anda lalu pilih Properties, anda akan melihat berapa ukuran yang tersisa pada flash disk anda.

  1. 1. Terlebih dulu, anda harus mengetahui sisa space pada flashdisk anda. Untuk mengetahuinya, klik kanan pada drive flashdisk anda lalu pilih Properties, anda akan melihat berapa ukuran yang tersisa pada flash disk anda.


  2. Setelah anda mengetahui sisa ruang kosong flashdisk anda, buka Command Promt dengan cara klik Start > All Programs > Accessories > Command Prompt.

  3. Ketikkan perintah: fsutil file createnew “D:\file-dummy.dat” 1234567 dan tekan Enter, anda akan melihat pesan bahwa Dummy File telah berhasil anda buat.



Keterangan:

  • fsutil file createnew “D:\file-dummy.dat” 1234567. Yang dicetak tebal adalah perintah untuk membuat file baru dengan tool FSUtil.

  • fsutil file createnew “D:\file-dummy.dat” 1234567. Yang dicetak tebal adalah perintah untuk membuat file baru dengan tool FSUtil.

  • fsutil file createnew “D:\file-dummy.dat” 1234567. adalah nama Dummy File (bebas, terserah anda).

  • fsutil file createnew “D:\file-dummy.dat” 1234567 Sedangkan 1234567 adalah ukuran file, sesuaikan dengan ukuran sisa ruang flashdisk anda.


  • Cara Praktis:
    Untuk cara yang lebih praktis, anda bisa mendownload program kecil disini (18Kb). Dengan Dummy File Maker anda tidak perlu mengetahui terlebih dulu sisa space pada flashdisk anda.

    1. Jalankan Dummy File Maker dari tempat dimana anda ingin membuat Dummy File (Flashdisk)


    2. ada kolom File Name, isikan dengan nama file yang anda inginkan atau klik “Random” untuk membuat nama file secara acak

    3. Pilih opsi “Using all free space in current drive” untuk membuat ukuran file sesuai dengan space yang tersedia.

    4. Centang “Place file in sub folder” jika anda ingin menempatkan file di sub folder sesuai dengan nama file dan klik Create, maka Dummy File anda sudah jadi



Note: Jika ukuran sisa space flashdisk anda cukup besar, ada baiknya membuat beberapa Dummy File yang ukurannya tidak terlalu besar agar windows tidak hank ketika membuka file berukuran besar pada flashdisk anda
Cara di atas tidak sepenuhnya menjamin bahwa flashdisk anda tidak akan bisa terinfeksi virus, karena bisa saja virus menghapus file-fiel yang memenuhi flashdisk anda. Tetapi dengan cara ini anda bisa meminimalisir resiko flashdisk terinfeksi virus atau diisi data oleh program atau orang lain. Jika flashdisk sudah mimiliki fitur write-protected dengan adanya saklar atau tombol, maka menggunakan fitur tersebut tentu akan lebih baik


Bookmark and Share

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here